Kerusakan Lingkungan Dan Penyebabnya

Pencemaran lingkungan adalah masuknya bahan-bahan ke dalam lingkungan yang dapat mengganggu kehidupan organisme di dalamnya. Pencemaran lingkungan dapat terjadi secara alami atau akibat tindakan manusia. Contoh pencemaran alami adalah meletusnya gunung berapi yang dapat merusak lingkungan di sekitarnya.

Seiring dengan semakin besarnya populasi manusia dan semakin banyaknya Kebutuhan manusia, pencemaran lingkungan pun juga semakin besar pula. Misalnya jika dalam satu sungai hanya ada satu orang yang membuang sampah disitu, maka sungai tersebut masih bisa membersihkan dirinya secara alami. Akan tetapi jika ada 1000 orang yang membuang sampah di sungai tersebut, maka sungai tersebut akan semakin sulit menetralkan bahan pencemar.

Pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu pencemaran air, tanah, dan udara.

A. Pencemaran Air

Pencemaran air adalah masuknya bahan pencemar (polutan) ke dalam lingkungan air. Bahan pencemar tersebut dapat berupa cair maupun padat. Dampak dari pencemaran air bisa sangat berbahaya misalnya:

Akibat penyemprotan tanaman dengan insektisida (DDT), maka air sungai akan tercemar. DDT tersebut akan hanyut terbawa air dan akhirnya sampai ke perairan. DDT yang masuk ke perairan akan masuk ke dalam tubuh alga kecil. Karena ikan memakan alga, maka DDT akan masuk ke dalam tubuh ikan. Selanjutnya ikan akan ditangkap oleh manusia untuk dikonsumsi. Orang yang mengkonsumsi ikan yang telah tercemar DDT tersebut dapat mengalami keracunan yang bahkan dapat berujung pada kematian meskipun dampak yang ditimbulkan tak akan langsung dirasakan.

Selain DDT, bahan-bahan lain yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran antara lain minyak goreng, detergen, pupuk, sampah plastik, bahkan kotoran manusia.

B. Pencemaran Tanah

Zat polutan dalam tanah dapat berupa bahan cair maupun padat. Bahan-bahan polutan ini banyak dihasilkan oleh limbah rumah tangga, limbah industri, dan limbah pasar.

Pencemaran tanah dapat membunuh mikroorganisme, hewan, maupun tumbuhan. Hal tersebut dapat mengganggu bahkan bisa memutus rantai makanan. Berbagai zat polutan mengandung logam berat seperti merkuri, litium, dan kadmium yang dapat meresap ke dalam tanah. Logam-logam berat ini dapat merusak susunan saraf dan dapat menyebabkan cacat pada keturunan mikroorganisme.

C. Pencemaran Udara

Pencemaran udara diakibatkan oleh gas-gas yang dibuang oleh industri, kendaraan bermotor, dan rumah tangga. Gas-gas tersebut dapat berupa gas hasil pembakaran bahan bakar fosil seperti BBM atau gas berbahaya yang dapat merusak atmosfer seperti gas CFC.

Gas hasil pembakaran bahan bakar fosil seperti BBM yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, pabrik, dan rumah tangga bisa berdampak merusak lingkungan. Gas yang paling banyak dihasilkan oleh aktifitas manusia saat ini adalah gas CO2 Meningkatnya kadar CO2 di udara dapat menyebabkan pemanasan global.

Selain gas CO2, gas lain yang sangat berbahaya bagi lingkungan adalah gas belerang dioksida yang dapat menimbulkan hujan asam. Gas-gas seperti belerang dioksida tersebut dapat bereaksi dengan air hujan dan membentuk asam sulfat yang menyebabkan air bersifat asam. Hujan asam ini dapat mengakibatkan tumbuhan mati bahkan dapat merusak bangunan.

Seperti apapun jenisnya, pencemaran lingkungan tetaplah berbahaya. Salah satu solusi untuk mengatasi pencemaran lingkungan adalah dengan cara melakukan kegiatan penghijauan, penggunaan energi alternatif, dan selalu berfikir “reuse, reduse, recycle”. Sekaranglah saatnya untuk melakukan beberapa perubahan kecil yang nantinya akan menimbulkan manfaat yang besar bagi kelangsungan dan kelestarian bumi.

Perihal algowijaya
Selamat datang di blog saya. Selain blog ini, saya juga mempunyai blog lain yang juga tentangmateri sekolah .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: