Kerusakan Lingkungan Hidup yang Disebabkan Manusia

Kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan manusia mempunyai efek yang lebih besar daripada yang dilakukan oleh proses alam. Hal tersebut dikarenakan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia berlangsung secara terus menerus dan makin lama makin besar. Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia terjadi dalam berbagai bentuk seperti pencemaran, pengerukan, penebangan hutan, dan sebagainya.
Pencemaran lingkungan dapat terjadi pada tanah, air, dan udara. Pada umumnya, pencemaran air dan tanah terjadi karena pembuangan limbah-limbah industri, dan rumah tangga ke dalam perairan dan tanah. Sedangkan pencemaran terhadap udara terjadi karena pembakaran bahan bakar fosil yang dihasilkan oleh kendaraan-kendaraan bermotor dan yang lainnya.

Limbah-limbah yang dibuang dapat berupacair maupun padat. Bila telah melebihi ambang batas, maka akan timbul kerusakan lingkungan yang akan membawa pengaruh buruk bagi manusia. Salah satu kasus pencemaran terhadap air yang pernah terjadi yaitu Kasus teluk Minamata di Jepang. Ratusan orang meninggal akibat memakan hasil laut yang ditangkap di Teluk Minamata yang telah tercampur unsur merkuri. (air raksa). Merkuri tersebut berasal dari limbah-limbah industri yang dibuang ke perairan teluk minamata sehingga kadar merkuri di teluk tersebut telah melebihi ambang batas. Pembuangan limbah ke dalam perairan yang berlangsung secara terus menerus akan mematikan kehidupan di dalam perairan itu sendiri, dan akhirnya akan berdampak pula terhadap kesehatan manusia.

Kasus-kasus pencemaran perairan telah seringterjadi karena pembuangan limbah industri ke dalam tanah, sungai, danau, dan laut. Kebocoran-kebocoran pada kapal-kapal tanker pengangkut minyak dan pipa-pipa minyak akan mengakibatkan masuknya minyak ke dalam perairan. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kehidupan hewan-hewan di dalam perairan seperti matinya ikan dan musnahnya tumbuhan laut. Masyarakat yang mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan akan terkena dampak negatif pula karena hasil tangkapan ikan akan ikut berkurang.

Pengerukan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan pertambangan seperti pengerukan pasir laut, telah pula menimbulkan kerusakan lingkungan dalam bentuk lain. Pengerukan yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan seperti pertambangan batu bara, timah, biji besi, dan lain-lain telah menimbulkan banyak sekali lubang dan cekungan di permukaan tanah sehingga tanah tersebut tidak dapat digunakan lagi sebelum direklamasi. Demikian pula pengerukan pasir di laut dapat memperbesar abrasi terhadap pantai, terumbu karang di dasar lau menjadi rusak, bahkan dapat pula menyebabkan pulau-pulau kecil disekitarnya tenggelam.

Penggalian pasir secara besar-besaran dan hempasan ombak di Kepulauan Seribu telah mengakibatkan tenggelamnya enam pulau kecil di gugusan kepulauan itu sehingga tidak terlihat lagi bentuknya. Ketika air laut pasang surut, terlihat sisa-sisa terumbu karang yang bentuknya sudah tidak beraturan disekitar pulau-pulau yang telah tenggelam. Pulau-pulau yang tenggelam ini memang tidak dihuni oleh manusia, namun bila pengerukan pasir secara besar-besaran terus dilakukan, suatu ketika nanti pulau-pulau besar yang dihuni oleh manusia bisa saja ikut tenggelam.

Penebangan-penebangan hutan yang dilakukan untuk keperluan industri, lahan pertanian, perkebunan, hutan industri, dan untuk kebutuhan-kebutuhan manusia yang lainnya telah menimbulkan kerusakan lingkungan hidup yang luar biasa. Kerusakan lingkungan hidup yang telah terjadi, dapat menyebabkan timbulnya lahan kritis, ancaman terhadap lingkungan kehidupan flora fauna, dan bahkan kekeringan.

Meskipun kerusakan lingkunga yang ditimbulkan oleh kegiatan manusia mempunyai dampak yang sangat besar, namun tak semua kerusakan lingkungan terjadi akibat ulah manusia. Kerusakan lingkungan dapat pula terjadi akibat faktor-faktor alami seperti akibat bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi, gelombang tsunami, dan lain-lain.

Perihal algowijaya
Selamat datang di blog saya. Selain blog ini, saya juga mempunyai blog lain yang juga tentangmateri sekolah .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: